Jepang Membuka 345.000 Lowongan Kerja

Kerja sama antara pemerintah indonesia dengan pemerintah jepang mengenai ketenaga kerjaan sudah mulai diteken. Dalam hal ini PJTKI Resmi harus berperan aktif dalam mensosialisasikan lowongan kerja terbaru dari jepang ini. Perjanjian antara kedua negara ini membahas tentang tenaga kerja Specified Skilled Worker (SSW) atau tenaga kerja berketerampilan spesifik yang akan ditepatkan di berbagai daerah di jepang.

Pada kesempatan kali ini, Jepang membuka lowongan kerja di 14 sektor untuk tenaga kerja asing yang memiliki ketrampilan spesifik seperti yang sudah disebutkan diatas. Pada kesempatan ini jepang membuka lowongan sebanyak 345.150 orang.

Jepang sendiri membutuhkan tenaga kerja dengan usia produktif yang cukup banyak. Sebuah kesempatan emas yang jangan sampai disia siakan oleh masyarakat indonesia yang ingin mendapatkan gaji lebih tinggi. Jabatan yang tersedia merupakan jabatan – jabatan di sektor formal yang saat ini banyak dibutuhkan oleh pemerintah jepang sendiri. Mengutip pembicaraan dari menteri tenaga kerja M. Hanif Dhakiri di kantornya di Jakarta.

Wakil presiden Jusuf Kalla menghimbau kepada kementrian ketenaga kerjaan supaya masyarakat indonesia bisa mengisi sekitar 20% kuota kebutuhan tenaga kerja di jepang saat ini.

Menurut arahan dari Bpk. Jusuf kalla, warga indonesia diharapkan dapat mengisi sekitar 70 ribu orang dari total kuota lowongan kerja yang disediakan oleh jepang.

“Untuk pendaftarannya pantau saja Disnaker, atau Kemnaker, kami akan update infonya nggak lama lagi,” tambahnya.

14 sektor yang sedang dibutuhkan adalah:

1. Care worker
2. Building Cleaning Management
3. Machine Parts and Tooling Industries
4. Industrial Machinery
5. Industry Electric
6. Electronics
and Information Industries
7. Construction Industries Shipbuilding and Ship Machinery Industry
8. Automobile repair and maintenance
9. Aviation Industry
10. Accomodation Industry
11. Agriculture
12. Fishery and Aquacultur
13. Manufacture of food and beverages
14. Food service industry.

Ditempat yang sama Dirjen Binapenta dan PKK KemnakerMaruli Hassoloan memberikan tambahan penjelasan untuk kriterian kandidat lowongan kerja di jepang berketrampilan spesifik yang terbagi menjadi 4 kategori antara lain:

  1. Pertama, new comer alias calon pekerja dari Indonesia yang sama sekali tidak memiliki pengalaman magang di Jepang.
  2. Kedua, Ex-TIT in Indonesia, calon pekerja Indonesia yang memiliki pengalaman magang atau Technical Intern Trainee (TIT) di Jepang. Ketiga, Ex-TIT di Japan pekerja Indonesia yang sudah memiliki pengalaman magang dan meneruskan pekerjaan di Jepang,” kata Maruli.
  3. Ketiga, kategori student, maksudnya calon pekerja Indonesia yang baru saja lulus dari pendidikan formal di Jepang dan berencana melanjutkan bekerja di Jepang.

Maruli menjelaskan bahwa Kemnaker akan lebih berfokus pada calon tenaga kerja yang sudah pernah magang ataupun bersekolah di jepang karena mereka ini sudah mengetahui lapangan dan dapat dengan mudah diterima kerja di jepang.

Masalah besar yang menghalangi sebenarnya adalah kendala bahasa, oleh sebab itu kemnaker memilih warga indonesia yang sekolah dan pernah magang disana. Alasanya dikarenakan bahasa sudah menguasai dan memiliki skill yang dapat di andalkan.

Jepang Membuka 345.000 Lowongan Kerja | | 4.5